.

.

Juknis Lomba Guru SMA/MA/K


1.    Media Pembelajaran Berbasis IT
a.    Jumlah Utusan
-    Guru perwakilan tiap sekolah (Boleh mengirimkan lebih dari satu peserta)
-    10 Besar dari hasil seleksi akan di ikutkan dalam Puncak Peringatan Hari Guru Nasional JSIT Wilayah Jateng.
b.    Persyaratan Teknis
6)    Membuat sebuah media pembelajaran berbasis TIK yang menarik dan efektif untuk membantu proses pembelajaran di kelas.
7)    Setiap peserta hanya dapat menyertakan satu karya Media Pembelajaran berbasis TIK dalam lomba ini
8)    Software yang digunakanadalahbebas
9)    Media Pembelajaran yang dibuat, harus mengacu pada mata pelajaran yang diajarkan oleh peserta pada kegiatan sehari-hari di sekolah/lembaga
10)    Hasil karya lomba dikumpulkan dalam bentuk file yang eksekutabel/ kompatibel untuk dijalankan di laptop/smartphone Dewan Juri (misal file dengantipe exe, pps, apk, dsb.).

c.    Kriteria Penilaian
Aspek yang Dinilai
1)    Orisinalitas Karya            : 25
2)    Kualitas Meida                : 35
-    Struktur media pembelajaran
-    Keindahan / sisi artistik penyajian visual
-    Penyampaian pesan/komunikasi dalam media pembelajaran
-    Pemilihan bahasa yang dibuat mudah dimengerti oleh pembaca
3)    Isi Inovasi Pembelajaran        : 40
-    Ide kreatifitas tema yang diangkat   
-    Keakuratan dan keaktualan data-data pendukung

-    Kelengkapan dan kejelasan penyajian konten dalam mendukung kegiatan pembelajaran
JUMLAH TOTAL NILAI : 100

4)    Yang disiapkan untuk para finalis (10 besar)
Membuat paper / makalah yang berisi ulasan tentang media pembelajaran yang telahdibuat. Paper/makalah selanjutnya dicetak dan dikumpulkan kepada Panitia paling lambat tanggal 3 Desember 2018.

2.    Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
a.    Jumlah Utusan
-    Guru perwakilan tiap sekolah jenjang SMA/MA/K
-    Diambil 10 finalis hasil seleksi untuk maju tingkat Provinsi
b.    Persyaratan
Persyaratan Admnistrasi:
1)    Guru masih aktif melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah;
2)    Mempunyai pengalaman sebagai guru paling kurang 2 (dua) tahun  berturut-turut pada satuan administrasi pangkal (Satminkal) yang sama;
3)    Mempunyai beban mengajar sebagai guru mata pelajaran sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka atau membimbing sekurang-kurangnya 150 siswa per minggu yang dibuktikan dengan fotokopi SK Kepala Sekolah tentang pembagian tugas mengajar. Sedangkan beban mengajar atau jam tatap muka guru yang memiliki jabatandapat melengkapi jika jumlah jam mengajar kurang dari 24 jam tatap muka, sesuai dengan peraturan yang mengatur tentang beban mengajar atau tatap muka bagi jabatan tersebut;
4)    Melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dikelasnya dibuktikan surat keterangan kepala sekolah;
5)    Melampirkan surat  pernyataan keaslian karya tulis ilmiah;
6)    Belum pernah meraih predikat juara atau  peringkat 1, 2, dan 3 tingkat  provinsi atau  nasional yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Persyaratan Khusus :
1)    Membuat laporan penelitian tindakan kelas sesuai format pada Lampiran dan  laporan  yang sudah diterima oleh panitia, tidak dapat diganti atau ditambah. Laporan dibuat 2 tahun terakhir yaitu tahun pelajaran 2017/2018 atau tahun pelajaran 2018/2019 semester 1.
2)    Membuat dan menyerahkan karya tulis laporan penelitian tindakan kelas hasil karya sendiri yang dibuktikan dengan pernyataan orisinalitas dan diketahui oleh kepala sekolah (format terlampir).
3)    Membuat dan menyerahkan power point dalam keping CD sebagai bahan paparan pada saat final.

c.    Kriteria Penilaian
No    Aspek                                Bobot (%)
1     Karya Tulis Ilmiah PTK         70
2    Presentasi                                 30
Jumlah    100


d.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan mengikuti tata aturan penulisan karya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sistematika penulisan mencakup bagian awal: Judul, Nama Penulis (termasuk alamat/nama institusi); Abstrak dan Kata Kunci. Bagian isi: Pendahuluan (termasuk latar belakang, tinjauan pustaka, dan tujuan); Metode Pendekatan atau Pendekatan Teoretik atau Konsideran Percobaan; Hasil; Pembahasan (Hasil dan Pembahasan bisa digabung); Kesimpulan. Bagian pendukung: Daftar Pustaka, dan Lampiran-lampiran.
Adapun sistematika penulisan sebagai berikut:
1.    Bagian Awal
Halaman Judul
Lembar  Pengesahan 
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Daftar Tabel (bila ada)
Daftar Grafik (bila ada)
Daftar Gambar (bila ada)
Daftar Lampiran

2.    Bagian Inti
BAB   I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.    Identifikasi Masalah (dapat disatukan dengan latar belakang)
C.    Pembatasan Masalah (dapat disatukan dengan latar belakang)
D.    Perumusan Masalah (2 rumusan masalah)
E.    Tujuan Penelitian (umum dan khusus)
F.    Manfaat Penelitian
BAB  II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.    Landasan Teori
B.    Penelitian yang Relevan (bila perlu)
C.    Kerangka Berpikir Penelitian (bila perlu)
D.    Hipotesis Tindakan
E.    Kriteria dan Indikator Keberhasilan
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
B.    Subyek Penelitian
C.    Sumber Data

D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
E.    Validasi Data
F.    Analisis Data
G.    Prosedur Penelitian

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Kondisi Awal
B.    Deskripsi Hasil Penelitian Tiap Siklus
C.    Pembahasan Tiap dan Antar Siklus
BAB V  SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
B.    Implikasi
C.    Saran

3.    Bagian akhir
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Tidak ada komentar